Selasa, 08 Oktober 2013

Tugas Ilmu Budaya Dasar 2





Tema : Pergeseran Nilai-Nilai Budaya di Indonesia
 
Nilai-Nilai Budaya yang Terlupakan




Di zaman era globalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali perubahan-perubahan maupun hal-hal baru yang makin melekat dengan keseharian warga penghuni alam semesta ini, terutama di Negara kita tercinta, Indonesia.  dari sekian bayak perubahan yang terjadi, salah satu yang saat ini paling mendominasi adalah nilai budaya. Seperti yang kita ketahui, budaya merupakan warisan turun temurun yang setiap waktu selalu ada pengganti dan penerusnya, sebagai warga Negara Indonesia yang kaya akan budaya tentunya kita ikut prihatin dengan perubahan kebudayaan yang seharusnya dapat terus di lestarikan dan di junjung tinggi.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menyadari dan melestarikan budayanya sendiri, istilah ini mungkin tepat dengan penggambaran Negara Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan beragam dari seluruh penjuru Indonesia. dari sabang sampe merauke, tersebar begitu banyak suku budaya dengan keistimewaannya masing-masing. Ratusan hingga ribuan pulau,suku,bahasa dan adat menjadikan Indonesia dipandang sebagai Negara yang kaya akan kebudayaannya. Sebagian dari banyaknya turis asing yang sudah berkunjung ke Indonesia pun, sudah banyak yang mengakuinya dan bahkan mereka sangat menghargai juga tidak sedikit dari mereka yang ikut mempelajari kebudayaan Indonesia.

            Jika dilihat dari adat ke-Timuran-nya, Indonesia sangatlah berbeda dengan adat yang ada di daerah barat, rata-rata orang timur biasanya lebih menjunjung  tinggi nilai budayanya sendiri sebagai bekal untuk dilestarikan secara turun-temurun oleh penerus bangsa. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia, budaya adalah jembatan untuk menuju kesuksesan dan budaya merupakan harta yang tak ternilai harganya.

            Namun, sepertinya kepedulian bangsa Indonesia akan kebudayaan sudah mulai terkikis seiring dengan berjalannya era globalisasi. Salah satu dari banyaknya hal yang mempengaruhi adalah perkembangan teknologi. Tidak di pungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini dapat membawa pengaruh yang kurang baik atau bahkan negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang di kehendakinya. Karena hal ini lah, perkembangan teknologi disebut-sebut berpengaruh dalam bergesernya nilai-nilai budaya di masyarakat. Pada hakikat nya, teknologi diciptakan manusia guna memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri, akan tetapi semakin berkembangnya teknologi tersebut justru malah disalah gunakan penggunaannya oleh masyarakat.

            Contoh yang membuktikan bahwa perkembangan teknologi dapat menggeser nilai budaya adalah lewat teknologi internet atau dunia maya, orang akan semakin mudah untuk mengakses situs-situs porno yang kebanyakan itu datang dari kaum muda, hal ini sudah pasti membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Masih berhubungan dengan dunia maya, yang baru-baru ini diberitakan adalah kasus penculikan dan perkosaan oleh pelajar yang justru dilakukannya setelah pada mulanya berkenalan lewat jejaring social facebook. Dengan begitu mudahnya orang yang tak kita kenal dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, dan naasnya kejadian ini seperti tak ada hentinya karena ada saja kasus-kasus yang sama kembali terjadi. Akibat dari kejadian tersebut, prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern.  Dan masih banyak lagi contoh perkembangan teknologi yang begitu canggih dapat mengakibatkan bergesernya nilai-nilai budaya umat manusia karena di salah gunakan.

            Berkaca dari hal tersebut, ada baiknya kita sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai budaya, lebih bisa mengontrol diri dalam menggunakan teknologi maupun hal lain yang beresiko dapat mengurangi nilai-nilai budaya di Indonesia. Memang dalam penerapannya terkadang sulit untuk mengikuti keinginan dibanding kata hati, akan tetapi untuk hidup yang lebih baik kita dituntut untuk melakukan perubahan dalam hidup agar bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang mengedepankan nilai budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar